Halaman

Senin, 10 Desember 2012

skripsi s-1








UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
 MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DI KELAS IX
MTs. MU’ALLIMIN UNIVA MEDAN
T.A. 2011/2012


SKRIPSI

Skripsi yang Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
dalam Mendapatkan Gelar Sarjana S.1 dalam Ilmu Tarbiyah



OLEH:

RATIH SIREGAR
NIM. 350725905

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA







FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA 
MEDAN
2011




UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
 MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DI KELAS IX
MTs. MU’ALLIMIN UNIVA MEDAN
T.A. 2011/2012

SKRIPSI

Skripsi yang Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan dalam
Mendapatkan Gelar Sarjana S.1 dalam Ilmu Tarbiyah

OLEH:
RATIH SIREGAR
350725905

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA



Pembimbing I




Drs. H. Zainy Chalish Hamdy, M.Ed
NIP. 19470612 196701 1001
Pembimbing II




Fauziah Nasution, M.Psi
NIP. 19750903 200501 2004



FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA 
MEDAN
2011




 ABSTRAK
Nama                      : Ratih Siregar
NIM                        : 350725905
Pembimbing I         : Drs. H. Zainy Chalish Hamdy, M.Ed
Pembimbing II       : Fauziah Nasution, M.Psi
Judul Skripsi        : “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Pokok Bahasan  Statistika di Kelas IX MTs. Mu’allimin Univa Medan T.A. 2011/2012”
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching
            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Statistika melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching,  dan (2) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Statistika melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-A MTs. Mu’allimin Univa Medan sebanyak 44 siswa. Perlakuan yang diberikan pada subjek penelitian untuk meningkatkan hasi  belajar matematika siswa melalui model pembelajaran reciprocal teachig pada pokok bahasan statistika.
Dari analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran melalui Reciprocal Teaching  dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, (2) Dengan pembelajaran melalui Reciprocal Teaching aktivitas belajar siswa berjalan dengan efektif, dan (3) Pembelajaran melalui Reciprocal Teaching terbukti efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematikasiswa, sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan “Melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching hasil belajar siswa pada pokok bahasan statistika dapat ditingkatkan” dapat diterima. Dengan ketuntasan klasikal mencapai   siswa yang memiliki daya serap (ketuntasan individual) mencapai .
Pembimbing I


Drs. H. Zainy Chalish Hamdy, M.Ed
NIP. 19470612 196701 1001




Tidak ada komentar:

Posting Komentar