
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN
RECIPROCAL
TEACHING PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DI KELAS IX
MTs. MU’ALLIMIN UNIVA MEDAN
T.A. 2011/2012
SKRIPSI
Skripsi yang Diajukan untuk Memenuhi Sebagian
Persyaratan
dalam Mendapatkan Gelar Sarjana S.1 dalam
Ilmu Tarbiyah
OLEH:
RATIH
SIREGAR
NIM. 350725905
JURUSAN
PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA
MEDAN
2011

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN
RECIPROCAL
TEACHING PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DI KELAS IX
MTs. MU’ALLIMIN UNIVA MEDAN
T.A. 2011/2012
SKRIPSI
Skripsi yang Diajukan untuk Memenuhi Sebagian
Persyaratan dalam
Mendapatkan Gelar Sarjana S.1 dalam
Ilmu Tarbiyah
OLEH:
RATIH SIREGAR
350725905
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing I
Drs. H. Zainy Chalish Hamdy, M.Ed
NIP.
19470612 196701 1001
Pembimbing II
Fauziah Nasution, M.Psi
NIP. 19750903
200501 2004
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA
MEDAN
2011
ABSTRAK
Nama : Ratih
Siregar
NIM : 350725905
Pembimbing
I : Drs. H. Zainy Chalish Hamdy, M.Ed
Pembimbing
II : Fauziah Nasution, M.Psi
Judul Skripsi : “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Pokok Bahasan Statistika di Kelas IX MTs. Mu’allimin Univa
Medan T.A. 2011/2012”
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model
Pembelajaran Reciprocal Teaching
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui upaya apa
yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Statistika
melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching, dan (2) Untuk mengetahui upaya apa yang
dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Statistika
melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching.
Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-A MTs.
Mu’allimin Univa Medan sebanyak 44 siswa. Perlakuan yang diberikan pada subjek
penelitian untuk meningkatkan hasi
belajar matematika siswa melalui model pembelajaran reciprocal
teachig pada pokok bahasan statistika.
Dari analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran melalui Reciprocal
Teaching dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa, (2) Dengan pembelajaran melalui Reciprocal
Teaching aktivitas belajar siswa berjalan dengan efektif, dan (3)
Pembelajaran melalui Reciprocal Teaching terbukti efektif diterapkan
untuk meningkatkan hasil belajar matematikasiswa, sehingga hipotesis penelitian
yang menyatakan “Melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching hasil
belajar siswa pada pokok bahasan statistika dapat ditingkatkan” dapat diterima.
Dengan ketuntasan klasikal mencapai siswa yang memiliki daya serap (ketuntasan
individual) mencapai .
Pembimbing I
Drs. H. Zainy Chalish Hamdy, M.Ed
NIP. 19470612 196701 1001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar