Halaman

Senin, 10 Desember 2012

soal2


BAB I

Petunjuk!
Bacalah seluruh pertanyaan di bawah ini! Kemudian pilihlah 5 dari 8 pertanyaan yang Anda tertarik untuk menjawabnya dalam bentuk esai. Setelah itu postingkan soal diikuti jawaban yang Anda ketik dalam e-mail.
Selanjutnya kirim ke muhammadnuh240375@gmail.com atau ke muhammad_nuh_240375@yahoo.co.id

Pertanyaan
  1. Anda jelaskan apa perlunya standar proses pendidikan bagi pencapaian kualitas proses pembelajaran?
Jwb: Perlunya standart proses pendidikan dikarenakan masih banyaknya masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan. Selain itu standart proses pendidikan juga dijadikan sebagai pedoman yang dijadikan rujukan bagaimana proses pendidikan berlangsung. Sebagaimana yang kita ketahui dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional bahwa pendidikan itu adalah usaha sadar yang terencana maksudnya proses pendidikan itu bukan asal-asalan tetapi memiliki tujuan yang ingin dicapai, di dalam pendidikan juga proses belajar dan hasilnya harus seimbang, pendidikan itu harus mengarahkan peserta didik mengembangkan potensinya, dan akhir dari proses pendidikan berujung pada pembentukan sikap, pengembangan kecerdasan atau intelektual, serta pengembangan ketrampilan anak sesuai dengan kebutuhan. Untuk mencapai kualitas proses pembelajaran maka dibutuhkanlah standart proses pembelajaran.
  1. Jelaskan kembali pengertian standar proses pendidikan (SPP) dalam konteks sistem pembelajaran?
Jwb: Pengertian standart proses pembelajaran dalam konteks system pembelajaran adalah standart –standart yang menjadi acuan atau pedoman bagi guru dalam pengelolaan pembelajaran karena dalam standart proses pendidikan berisi tentang bagaimana seharusnya proses pembelajaran itu berlangsung.
  1. Jelaskan fungsi SPP secara umum?
Jwb: Secara umum, SPP  sebagai standart minimal yang harus dilakukan memiliki fungsi sebagai pengendali proses pendidikan untuk memperoleh kualitas hasil dan proses pembelajaran.
  1. Jelaskan fungsi SPP dalam rangka mencapai standar kompetensi pendidikan matematika di SMA/MA?
Jwb: Fungsi SPP dalam rangka mencapai standart kompetensi pendidikan matematika di SMA/MA adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan matematika di SMA serta program yang harus dilaksanakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan.
  1. Uraikan fungsi SPP bagi guru mata pelajaran matematika di sekolah menengah?
Jwb: Guru adalah ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan, bagaimanapun idealnya suatu kurikulum tanpa diikuti kemampuan guru dalam mengimplementasikan maka kurikulum tersebut tidak memilki makna, SPP bagi guru mata pelajaran matematika berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam membuat perencanaan program pembelajaran. Seorang guru matematika harus memahami SPP agar proses pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan tujuan.
  1. Jelaskan fungsi SPP bagi kepala sekolah atau madrasah dalam rangka menilai keberhasilan proses pembelajaran?
          Jwb: Bagi kepala sekolah SPP berfungsi :
§  Sebagai barometer  atau alat pengukur keberhasilan program pendidikan di sekolah yang dipimpinnya kepala sekolah dituntut untuk menguasai dan mengontrol apakah kegiatan-kegiatan proses pendidikan yang dilaksanakan berpijak pada standart proses yang telah ditentukan atau tidak.
§  Sebagai sumber utama dalam merumuskan berbagai kebijakan sekolah khususnya dalam menentukan dan mengusahakan ketersediaan berbagai keperluan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan proses pendidikan.
  1. Jelaskan fungsi SPP bagi dewan sekolah atau komite sekolah?
Jwb: fungsi SPP bagi dewan sekolah atau komite sekolah:
Ø  Menyusun program dan memberikan bantuan khususnya yang berhubungan dengan penyediaan sarana dan prasarana  yang diperlukan oleh sekolah atau guru untuk pengelolaan proses pembelajaran yang sesuai dengan standar  minimal.
Ø  Memberikan saran, usul atau ide kepada sekolah, khususnya guru dalam pengelolaan pembelajaran yang sesuai dengan standar  minimal
Ø  Melaksanakan pengawasan terhadap jalannya proses pembelajaran khususnya yang dilakukan oleh para guru.
  1. Jelaskan dengan contoh mata pelajaran matematika tentang keterkaitan SPP dengan standar sarana dan prasarana?

BAB II

Ambillah 3 dari 5 pertanyaan berikut ini!
  1. Jelaskan empat alasan yang menyatakan bahwa guru sebagai jabatan profesional?
Jwb: Empat alasan yang menyatakan bahwa guru sebagai jabatan professional:
v Pekerjaan professional ditunjang oleh suatu ilmu tertentu secara mendalam yang hanya mungkin diperoleh dari lembaga-lembaga pendidikan yang sesuai, ini alasan pertama guru sebagai jabatan professional.
v Alasan kedua bahwa suatu profesi menekankan kepada suatu keahlian dalam bidang tertentu yang spesifik sesuai dengan jenis profesinya, sehingga antara profesi yang satu dengan yang lain dapat dipisahkan,
v Alasan ketiga Tingkat kemampuan dan keahlian suatu profesi didasarkan pada latar belakang pendidikan yang dialaminya yang diakui oleh masyarakat, sehingga semakin tinggi latar belakang pendidikan akademik sesuai dengan profesinya, semakin tinggi pula tingkat keahliannya, dengan demikian semakin tinggi pula tingkat penghargaan yang diterimanya,
v Dan alasan ke empat suatu profesi selain dibutuhkan oleh masyarakat juga memiliki dampak terhadap social kemasyarakatan, sehingga masyarakat memiliki kepekaan yang sangat tinggi terhadap setiap efek yang ditimbulkannya dari pekerjaan profesinya itu.
  1. Jelaskan pengertian dari kompetensi dan uraikan apa kompetensi dari guru sebagai jabatan profesional?
Jwb: menurut ( Charles E. Johnson, 1974) kompetensi adalah perilaku rasional guna mencapai tujuan yang diprasyaratkan sesuai dengan kondisi yang diharapkan.
Kompetensi dari guru sebagai jabatan professional:
·       Kompetensi pribadi
Guru sering dianggap sebagai sosok yang dijadikan panutan dan sebagai seseorang yang ditiru guru harus mempunyai kompetensi yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian,diantaranya adalah kemampuan yang berhubungan dengan pengalaman ajaran agama sesuai dengan keyakinan agama yang dianutnya, kemampuan untuk menghormati dan menghargai antar umat beragama, kemepuan untuk berperilaku sesuai dengan norma, aturan, dan system nilai yang berlaku dimasyarakat, mengembangkan sifat-sifat terpuji sebagai seorang guru, bersifat demokratis dan terbuka terhadap kritik.
·       Kompetensi professional
Kemampuan yang berhubungan dengan penyelesaian tugas-tugas keguruan, tingkat keprofesionalan guru dapat dilihat dari kompetensi ini.beberapa kemampuan yang berhubungan dengan kompetensi ini adalah kemampuan untuk menguasai landasan pendidikan, pemahaman dalam bidang psikologi pendidikan, penguasaan materi pelajaran, mengaplikasikan berbagai metologi dan strategi pembelajaran, merancang media dan memanfaatkan sumber belajar, mengevaluasi pembelajaran, menyusun program pembelajaran, melaksanakan unsure-unsur penunjang, melaksanakan penelitian dan berfikir ilmiah untuk meningkatkan kinerja.
·       Kompetensi sosial kemasyarakatan
Kemampuan guru sebagai anggota masyarakat dan makhluk social meliputi kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sejawat untuk meningkatkan kemampuan professional, mengenal dan memahami fungsi-fungsi setiap lembaga kemasyarakatan, menjalin kerja sama baik secara individual maupun secara kelompok.
  1. Menurut Anda apa peran guru yang paling penting untuk menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas.
Jwb: menurut saya peran guru yang paling penting untuk menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas adalah guru sebagai fasilitator, karena sebagai fasilitator guru memberikan pelayanan untuka memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Di sini guru ingin menyajikan bahan pelajaran yang mudah diterima siswa dengan menggunakan media, sumber belajar sehingga tujuan belajar dapat tercapai secara optimal.
  1. Apa pandangan Anda tentang peran guru sebagai sumber belajar pada era teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran yang bagus?
  2. Uraikanlah keterampilan dasar mengajar bagi guru dan bagaimana melakukannya di kelas?
BAB III

Ambillah 3 dari 5 pertanyaan untuk dijawab!
  • Jelaskan kedudukan proses pembelajaran sebagai bagian dari sistem pendidikan?
Jwb: Proses pembelajaran adalah suatu system karena setiap system memiliki tujuan maka kegiatan pembelajaran bertujuan membelajarkan siswa. Proses pembelajaran itu merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai komponen yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya yaitu: tujuan, materi pelajaran, metode, strategi pembelajaran, media, dan evaluasi.
  • Apa kegunaan Anda mempelajari sistem pembelajaran khususnya dalam pendidikan matematika di sekolah menengah?
Jwb: kegunaan kita mempelajari system pembelajaran khususnya dalam pendidikan matematika disekolah menengah adalah kita dapat mengetahui berbagai system yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran.

  • Jelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sistem pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika di SMA/MA?
  • Tujuan pendidikan merupakan salah satu komponen proses pembelajaran yang sangat penting. Coba Anda jelaskan bagaimana merumuskan tujuan pembelajaran matematika berdasarkan KTSP 2006?
  • Jika anda perhatikan sarana apa yang dapat Anda contohkan untuk mendukung proses pembelajaran matematika di SMA/MA yang dapat direncanakan dan dihasilkan oleh kreativitas guru?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar