BAB I
Petunjuk!
Bacalah seluruh pertanyaan di bawah ini! Kemudian pilihlah 5 dari 8 pertanyaan yang Anda tertarik untuk menjawabnya dalam bentuk esai. Setelah itu postingkan soal diikuti jawaban yang Anda ketik dalam e-mail. Selanjutnya kirim ke muhammadnuh240375@gmail.com atau ke muhammad_nuh_240375@yahoo.co.id
Pertanyaan
Bacalah seluruh pertanyaan di bawah ini! Kemudian pilihlah 5 dari 8 pertanyaan yang Anda tertarik untuk menjawabnya dalam bentuk esai. Setelah itu postingkan soal diikuti jawaban yang Anda ketik dalam e-mail. Selanjutnya kirim ke muhammadnuh240375@gmail.com atau ke muhammad_nuh_240375@yahoo.co.id
Pertanyaan
- Anda jelaskan apa perlunya standar proses pendidikan bagi pencapaian kualitas proses pembelajaran?
Jwb: Perlunya
standart proses pendidikan dikarenakan masih banyaknya masalah yang dihadapi
dalam dunia pendidikan. Selain itu standart proses pendidikan juga dijadikan
sebagai pedoman yang dijadikan rujukan bagaimana proses pendidikan berlangsung.
Sebagaimana yang kita ketahui dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang
system pendidikan nasional bahwa pendidikan itu adalah usaha sadar yang
terencana maksudnya proses pendidikan itu bukan asal-asalan tetapi memiliki
tujuan yang ingin dicapai, di dalam pendidikan juga proses belajar dan hasilnya
harus seimbang, pendidikan itu harus mengarahkan peserta didik mengembangkan
potensinya, dan akhir dari proses pendidikan berujung pada pembentukan sikap,
pengembangan kecerdasan atau intelektual, serta pengembangan ketrampilan anak
sesuai dengan kebutuhan. Untuk mencapai kualitas proses pembelajaran maka
dibutuhkanlah standart proses pembelajaran.
- Jelaskan kembali pengertian standar proses pendidikan (SPP) dalam konteks sistem pembelajaran?
Jwb: Pengertian
standart proses pembelajaran dalam konteks system pembelajaran adalah standart
–standart yang menjadi acuan atau pedoman bagi guru dalam pengelolaan
pembelajaran karena dalam standart proses pendidikan berisi tentang bagaimana
seharusnya proses pembelajaran itu berlangsung.
- Jelaskan fungsi SPP secara umum?
Jwb: Secara
umum, SPP sebagai standart minimal yang
harus dilakukan memiliki fungsi sebagai pengendali proses pendidikan untuk
memperoleh kualitas hasil dan proses pembelajaran.
- Jelaskan fungsi SPP dalam rangka mencapai standar kompetensi pendidikan matematika di SMA/MA?
Jwb: Fungsi
SPP dalam rangka mencapai standart kompetensi pendidikan matematika di SMA/MA
adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan matematika di SMA serta
program yang harus dilaksanakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran
untuk mencapai tujuan.
- Uraikan fungsi SPP bagi guru mata pelajaran matematika di sekolah menengah?
Jwb: Guru
adalah ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan, bagaimanapun idealnya suatu
kurikulum tanpa diikuti kemampuan guru dalam mengimplementasikan maka kurikulum
tersebut tidak memilki makna, SPP bagi guru mata pelajaran matematika berfungsi
sebagai pedoman bagi guru dalam membuat perencanaan program pembelajaran.
Seorang guru matematika harus memahami SPP agar proses pembelajaran yang
diinginkan sesuai dengan tujuan.
- Jelaskan fungsi SPP bagi kepala sekolah atau madrasah dalam rangka menilai keberhasilan proses pembelajaran?
Jwb: Bagi kepala sekolah SPP berfungsi :
§
Sebagai
barometer atau alat pengukur
keberhasilan program pendidikan di sekolah yang dipimpinnya kepala sekolah
dituntut untuk menguasai dan mengontrol apakah kegiatan-kegiatan proses
pendidikan yang dilaksanakan berpijak pada standart proses yang telah
ditentukan atau tidak.
§
Sebagai
sumber utama dalam merumuskan berbagai kebijakan sekolah khususnya dalam
menentukan dan mengusahakan ketersediaan berbagai keperluan sarana dan
prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan proses pendidikan.
- Jelaskan fungsi SPP bagi dewan sekolah atau komite sekolah?
Jwb: fungsi SPP bagi
dewan sekolah atau komite sekolah:
Ø
Menyusun
program dan memberikan bantuan khususnya yang berhubungan dengan penyediaan
sarana dan prasarana yang diperlukan
oleh sekolah atau guru untuk pengelolaan proses pembelajaran yang sesuai dengan
standar minimal.
Ø
Memberikan
saran, usul atau ide kepada sekolah, khususnya guru dalam pengelolaan
pembelajaran yang sesuai dengan standar minimal
Ø
Melaksanakan
pengawasan terhadap jalannya proses pembelajaran khususnya yang dilakukan oleh
para guru.
- Jelaskan dengan contoh mata pelajaran matematika tentang keterkaitan SPP dengan standar sarana dan prasarana?
BAB II
Ambillah
3 dari 5 pertanyaan berikut ini!
- Jelaskan empat alasan yang menyatakan bahwa guru sebagai jabatan profesional?
Jwb: Empat alasan yang
menyatakan bahwa guru sebagai jabatan professional:
v
Pekerjaan
professional ditunjang oleh suatu ilmu tertentu secara mendalam yang hanya
mungkin diperoleh dari lembaga-lembaga pendidikan yang sesuai, ini alasan
pertama guru sebagai jabatan professional.
v
Alasan
kedua bahwa suatu profesi menekankan kepada suatu keahlian dalam bidang
tertentu yang spesifik sesuai dengan jenis profesinya, sehingga antara profesi
yang satu dengan yang lain dapat dipisahkan,
v
Alasan
ketiga Tingkat kemampuan dan keahlian suatu profesi didasarkan pada latar
belakang pendidikan yang dialaminya yang diakui oleh masyarakat, sehingga
semakin tinggi latar belakang pendidikan akademik sesuai dengan profesinya,
semakin tinggi pula tingkat keahliannya, dengan demikian semakin tinggi pula
tingkat penghargaan yang diterimanya,
v
Dan alasan
ke empat suatu profesi selain dibutuhkan oleh masyarakat juga memiliki dampak
terhadap social kemasyarakatan, sehingga masyarakat memiliki kepekaan yang
sangat tinggi terhadap setiap efek yang ditimbulkannya dari pekerjaan
profesinya itu.
- Jelaskan pengertian dari kompetensi dan uraikan apa kompetensi dari guru sebagai jabatan profesional?
Jwb: menurut ( Charles E.
Johnson, 1974) kompetensi adalah perilaku rasional guna mencapai tujuan yang
diprasyaratkan sesuai dengan kondisi yang diharapkan.
Kompetensi dari guru
sebagai jabatan professional:
·
Kompetensi
pribadi
Guru
sering dianggap sebagai sosok yang dijadikan panutan dan sebagai seseorang yang
ditiru guru harus mempunyai kompetensi yang berhubungan dengan pengembangan
kepribadian,diantaranya adalah kemampuan yang berhubungan dengan pengalaman
ajaran agama sesuai dengan keyakinan agama yang dianutnya, kemampuan untuk
menghormati dan menghargai antar umat beragama, kemepuan untuk berperilaku
sesuai dengan norma, aturan, dan system nilai yang berlaku dimasyarakat,
mengembangkan sifat-sifat terpuji sebagai seorang guru, bersifat demokratis dan
terbuka terhadap kritik.
·
Kompetensi
professional
Kemampuan
yang berhubungan dengan penyelesaian tugas-tugas keguruan, tingkat
keprofesionalan guru dapat dilihat dari kompetensi ini.beberapa kemampuan yang
berhubungan dengan kompetensi ini adalah kemampuan untuk menguasai landasan
pendidikan, pemahaman dalam bidang psikologi pendidikan, penguasaan materi
pelajaran, mengaplikasikan berbagai metologi dan strategi pembelajaran, merancang
media dan memanfaatkan sumber belajar, mengevaluasi pembelajaran, menyusun
program pembelajaran, melaksanakan unsure-unsur penunjang, melaksanakan
penelitian dan berfikir ilmiah untuk meningkatkan kinerja.
·
Kompetensi
sosial kemasyarakatan
Kemampuan
guru sebagai anggota masyarakat dan makhluk social meliputi kemampuan
berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sejawat untuk meningkatkan
kemampuan professional, mengenal dan memahami fungsi-fungsi setiap lembaga
kemasyarakatan, menjalin kerja sama baik secara individual maupun secara
kelompok.
- Menurut Anda apa peran guru yang paling penting untuk menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas.
Jwb:
menurut saya peran guru yang paling penting untuk menghasilkan proses
pembelajaran yang berkualitas adalah guru sebagai fasilitator, karena sebagai
fasilitator guru memberikan pelayanan untuka memudahkan siswa dalam kegiatan
proses pembelajaran. Di sini guru ingin menyajikan bahan pelajaran yang mudah
diterima siswa dengan menggunakan media, sumber belajar sehingga tujuan belajar
dapat tercapai secara optimal.
- Apa pandangan Anda tentang peran guru sebagai sumber belajar pada era teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran yang bagus?
- Uraikanlah keterampilan dasar mengajar bagi guru dan bagaimana melakukannya di kelas?
BAB III
Ambillah
3 dari 5 pertanyaan untuk dijawab!
- Jelaskan kedudukan proses pembelajaran sebagai bagian dari sistem pendidikan?
Jwb: Proses
pembelajaran adalah suatu system karena setiap system memiliki tujuan maka
kegiatan pembelajaran bertujuan membelajarkan siswa. Proses pembelajaran itu
merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai komponen yang saling
berinteraksi satu dengan yang lainnya yaitu: tujuan, materi pelajaran, metode,
strategi pembelajaran, media, dan evaluasi.
- Apa kegunaan Anda mempelajari sistem pembelajaran khususnya dalam pendidikan matematika di sekolah menengah?
Jwb: kegunaan kita
mempelajari system pembelajaran khususnya dalam pendidikan matematika disekolah
menengah adalah kita dapat mengetahui berbagai system yang berpengaruh terhadap
proses pembelajaran.
- Jelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sistem pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika di SMA/MA?
- Tujuan pendidikan merupakan salah satu komponen proses pembelajaran yang sangat penting. Coba Anda jelaskan bagaimana merumuskan tujuan pembelajaran matematika berdasarkan KTSP 2006?
- Jika anda perhatikan sarana apa yang dapat Anda contohkan untuk mendukung proses pembelajaran matematika di SMA/MA yang dapat direncanakan dan dihasilkan oleh kreativitas guru?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar